Sunday 7 May 2017

10 Alasan mengapa Keyakizaka46 menjadi fenomena baru di dunia Idol Group


Dalam dinasti 48 Group, AKB48 berperan sebagai big sist bagi para sister group nya seperti SKE48, NMB48, HKT48, NGT48 dan STU48 yang kemudian dengan bersama-sama bisa mendominasi dunia industri Idol di Jepang. Seakan tidak mau kalah dengan sang rival, Nogizaka46 juga dibuatkan sister group mereka sendiri. Akan tetapi, Nogizaka46 yang notabene satu payung dibawah nama besar Akimoto Yasushi, ketika diumumkan akan memiliki sister group baru diprediksi sister grupnya itu bakalan flop karena menimbulkan sebuah resiko sangat tinggi yang dampaknya akan membuat para fans merasa bosan dan jenuh. Kenapa ? karena yang ada dalam pikiran mereka ketika mendengar Nogizaka46 akan memiliki sister group adalah " duh, udah deh gaperlu ada sister grup segala, Nogizaka aje udah lebih dari cukup !  " . Fans Nogizaka46 merasa beruntung karena grup yang mereka support tidak seperti 48 Group yang banyak banget cabangnya, jadi mereka hanya terfokus sama satu grup sehingga contohnya kalian bisa tau lah, fanbase mereka sangatlah kuat ! Perlu kalian catet, jika saja Sousenkyo mengikutsertakan member-member Nogizaka, ane yakin post #16 Senbatsu 45% nya diisi ame mereka !

Back to topic, jujur aja ni, bagi group yang disebut sebagai " sister grup  (rival) AKB yang lain.. " , untuk bisa mendapatkan simpati dan dukungan dari fans di Jepang sangatlah sulit dan bukan tugas yang mudah ! Apalagi ditambah dengan rasa "keengganan" fans Nogizaka tentang dibentuknya sister group mereka.

Namun ternyata Tuhan menuliskan sebuah skenario yang lebih indah bagi group ini, setelah diumumkannya Toriizaka46 sebagai sister group Nogizaka46 dan meluncurkan generasi pertamanya pada 21 Agustus 2015. Selama awal pembentukannya, Toriizaka dilanda cukup banyak insiden yang membuat mereka " hancur sebelum berperang ", akan tetapi dengan belajar dari pengalaman pahit ini dan kegigihan untuk bangkit, mereka terus mengasah kemampuan vocal dan dance selama blank periode. Manajemen kemudian memutuskan untuk mengganti nama group menjadi Keyakizaka46 dan merilis single debut mereka pada 6 April 2016, dan kalian pasti tau bagaimana kiprah mereka selanjutnya seperti apa..

Group yang dulu diremehkan itu sekarang menjelma menjadi kekuatan baru industri idol Jepang, hanya dalam waktu 8 bulan saja sejak debut single mereka, Keyakizaka bisa tampil di event musik tahunan yang sangat populer di Jepang, Kouhaku Utagassen.

Jadi, apa sih yang membuat Keyakizaka begitu powerful di dunia industri musik Jepang ? Dalam artikel ini ane bakalan membahas tuntas apa saja yang menjadi motor penggerak mesin Keyakizaka yang terus berputar tanpa henti.


1) Style Musik yang Revolusioner membuat Keyakizaka sangat unik




Well, kalo kita berbicara soal Musik, itu pasti kembali ke selera masing-masing, iya kan ? Tetapi, perlu kalian tahu, dalam project single pasti akan selalu ada perbedaan produksi, seperti berapa banyak resources yang akan di investasikan pada Type Side A dibandingkan dengan Side B. Merilis single debut dengan tipe lagu yang sangat kuat merupakan langkah yang smart, tujuannya adalah untuk membuat orang-orang bereaksi dan untuk mematahkan tipe lagu Orthodoks Idol Grup.

Penggunaan Instrumen Hispanic percussions dan petikan gitar dalam intro awal lagu yang "bertentangan" dengan konsep atau auto-tune lagu Idol Group sebagaimana mestinya, membangun sebuah cita rasa musik yang sangat unik bagi Keyakizaka. Tidak hanya dalam single " Silent Majority " saja, tapi " Sekai ni wa Ai Shikanai " juga mempunyai tipikal musik yang sangat ga biasa, dentingan piano klasik dan pembacaan puisi oleh member Keyaki membuat "mewah" single ke 2 Keyakizaka ini.

Dalam Industri Idol belakangan ini, terutama 48 Group, mereka sedang mengalami penyusutan kualitas musik, mereka sebenarnya menyadari hal ini tapi kebanyakan masa bodoh dan bahkan menganggap remeh mengenai ini. Akan tetapi, AKB48 telah membuktikan bahwa mereka sangat mampu untuk menghasilkan lagu-lagu masterpiece seperti Oogoe Diamond, Iiwake Maybe, UZA dan River (Yang disebut sebagai kamikyoutachi song). Memang kalau kita membahas tipe musik masing-masing Idol Group pasti gaakan ada habisnya, dan Keyakizaka46 dengan tipe musik revolusionernya membawa mereka menjadi breaktrough Idol Group di tahun 2016, dan bahkan dalam sebuah polling single lagu yang dilakukan oleh fans overseas, Silent Majority menduduki peringkat pertama dan menjadi " Song of The Year " bagi para fans Idol Group berskala Internasional.

2) Kata-kata dalam lirik disetiap lagunya menyentuh hati siapapun yang mendengarnya 





Sebagian besar lirik yang terdapat dalam lagu-lagu Keyakizaka bernuansa dark (gelap) dan rebellious (memberontak). Ini adalah salah satu faktor dalam pembentukan Identitas dan style Keyakizaka di mata fans. Dan perlu kalian ketahui, Akimoto Yasushi masih menjadi tokoh central dalam Group dan bertanggung jawab terhadap lirik-lirik gloomy yang ditulisnya. Untung saja manajemen Keyakizaka feel free terhadap apapun yang Akimoto berikan, sehingga membuat dia berhasil membuat lirik yang konsisten dengan MV nya. Kita ambil contohnya adalah lagu Side-B Single Silent Majority, " Yamanotesen " yang dinyanyikan solo oleh Hirate Yurina. Yamanotesen menceritakan tentang perasaan melankolis seorang gadis yang merasakan kepedihan dalam kesendirian. Selain itu ada juga lagu " Bob Dylan wa Kaesanai " yang dinyanyikan oleh Yuichanzu, lagu ini merupakan sebuah alegori / metafora yang keren banget antara kesulitan seseorang untuk melupakan kasih sayang yang dia dapatkan dari sang kekasih yang menghilang dengan keengganan untuk mengembalikan CD Bob Dylan.

Biasanya lagu-lagu Side-A dari Idol Group bernuasa ceria, santai, semangat, mengandung motivasi dan kawaii. Akan tetapi, bagi Keyakizaka lagu andalan mereka di Single berbanding terbalik dengan pattern Idol Group itu, mereka menambahkan lagu yang menceritakan tentang kesedihan, penderitaan dan kesulitan. Karena theme lagu mereka dark dan gloomy , mereka telah diberi label oleh pemerhati musik sebagai " rebellious group " . Liriknya yang simple, mudah dicerna dan mengena di hati membuat para pendengarnya merasa nyaman lalu terseret kedalam dunia Keyakizaka.


3) Koreograpi dari Group dibimbing langsung oleh orang yang kompeten di bidang tarian




Takahiro Ueno mungkin menjadi salah satu staff yang dihormati oleh para fans Keyakizaka, gimana engga toh wong Takahiro-sensei lah yang memberikan kontribusi sangat besar untuk membentuk karakter dan identitas Keyakizaka. Dalam formasi reguler member Senbatsu Idol grup pada umumnya ( Top 16 ), selalu ada satu orang ace yang berdiri paling depan dan koreo dance pun berpusat padanya. On this case, Takahiro-sensei menemukan sebuah formula koreo dance yang lebih menarik dan menciptakan sebuah pelatihan khusus untuk koreo single debut Silent Majority. Koreo dance nya diubah menjadi highly paced dan sinkronisasi yang cepat dengan melibatkan seluruh member mengingatkan kita pada pattern militer sehingga koreo dalam lagu Silent Majority terlihat cool abis ! Melalui teknik dance dalam lagu ini, Keyakizaka meraih banyak amplitude yang tidak dimiliki oleh sister grup lainnya di dunia 48. Dalam lagu " Kataru nara Mirai wo " , koreo yang diperlihatkan member Keyaki juga lumayan insane juga karena gerakan, formasi, teknik dance nya nyilang dan ngeswap secara bersamaan gitu.

Takahiro-sensei sendiri adalah pribadi yang sangat ramah, para member pun tidak segan untuk bertanya padanya, meminta nasihat dan belajar dance lebih dalam padanya. Ini merupakan sebuah hubungan yang sangat bagus karena para member kala itu adalah orang-orang yang tidak punya pengalaman dalam ngedance, dan Takahiro pun mengerti dengan keadaan itu. Dengan profesionalisme yang besar, dia dengan sabar membimbing dan mendukung mereka untuk memiliki rasa percaya diri dan tidak takut untuk mengeluarkan kemampuan yang dimiliki oleh para member.

Dengan dedikasi besar yang diberikan oleh Takahiro-sensei pada Grup, seperti yang ane bilang sebelumnya, para fans pasti akan terus mengucapkan terima kasih pada Takahiro. Keinginan Takahiro untuk membuat Keyakizaka kuat di terjemahkan kedalam koreo di lagu-lagu Keyakizaka, itu adalah cara untuk menanamkan rasa semangat Takahiro-sensei dalam grup Keyakizaka.



4) Memiliki ace yang kharismatik seperti Atsuko Maeda ketika masih di AKB




 
Well, ini mungkin bisa memancing perdebatan karena ane samakan Hirate dengan sang enternal Ace, Maeda Atsuko, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa AKB48 meraih zaman keemasannya ketika Maeda berkuasa dan menjadi Ace di Grup. Hirate Yurina dapat dengan mudah menarik perhatian dari para fans dengan penampilan energik, ketenangan dan kedewasaanya ketika dia tampil menjadi center dalam single Silent Majority di usianya yang baru 14 tahun ! Alasan mengapa Idol grup harus memiliki ace adalah untuk menarik perhatian masyarakat umum yang awam (non-idol listeners) atau tidak tau apa itu Idol Grup. Masyarakat umum dan Wota tentu memiliki reaksi yang berbeda terhadap lagu-lagu yang dikeluarkan oleh Idol grup. Orang awam si bakalan cuek-cuek aja dengernya kecuali kalo ada lagu yang sreg sama taste nya, kalo buat wota mah mau lagu dari idol grup apapun pasti bakalan didengerin. Orang awam pasti ga tertarik dan ga akan inget sama wajah-wajah member Idol grup jika posisi member terus diputar. Jadi, itu adalah tugas bagi seorang ace yang punya kapabilitas untuk menarik perhatian mereka. Seorang ace harus memberikan kesan yang sangat kuat pada seseorang dengan sangat cepat, jadi, first impression itu sangat penting.

Hirate Yurina adalah seseorang yang pantas untuk menjabat posisi ace Keyakizaka dan membuat lagu-lagu yang dirilis oleh Grup terlihat hebat dan sempurna. Dia selalu tampil di stage seperti sedang " kerasukan " sehingga membuat gerkan dance nya unik. Aura ace yang dimiliki oleh Tecchi berbeda jauh dari para pendahulunya, dia lebih dikenal oleh para fans dengan penampilan totalnya di panggung dibandingkan dengan wajah cute atau senyuman manis seperti Maeda atau Watanabe Mayu. Hirate memliki aura yang misterius sehingga membuat orang-orang penasaran dan ingin tahu lebih jauh mengenai dirinya.



5) Terdapat banyak sekali personality yang berbeda dalam grup




 
Selain memiliki ace yang mampu mengangkat nama Grup dimata fans Jepang dan (bahkan) dunia, semua member Keyakizaka juga mendapatkan tempat yang special di hati para core fansnya, semuanya, tidak terkecuali. Di AKB48 keluar nama Maeda Atsuko sebagai member yang paling dikenal oleh para fans, tapi, selain Acchan ada juga member Kami7 yang dapat dengan mudah diketahui oleh fans karena kepribadiannya yang sudah diketahui oleh seluruh fans karena mereka cukup sering tampil di media. Basicly, jika ingin grup kalian populer dimata fans, kalian harus mengisi spot-spot kosong di grup dengan member yang memiliki kepribadian, skill serta kualitas yang berbeda satu sama lain. Dan Manajemen Keyakizaka melakukan hal ini dengan baik.

Contohnya ; the wonderful girl Hirate Yurina, the next door girl Nagahama Neru, the princess Sugai Yuuka, the big sist / Majime Moriya Akane, the cool model Shida Manaka dan Watanabe Risa, the lolicon Umemura Rina, the moodmakers Oda Nana & Ozeki,  the singer Yuichanzu, the best dancer Suzumoto Miyu dan Saito Fuyuka, Koike Minami dan Yonetani yang lucu banget, dll. Seperti yang dikatakan sebelumnya, beragamnya personality yang ada dalam sebuah grup memungkinkan para fans untuk memilih member mana yang pas untuk di dukung dengan sangat mudah.

Kita tahu bahwa relationship antara fans dengan Oshimennya adalah is a lot about feelings, melihat member yang kita support tumbuh dewasa dan mengembangkan lebih kuat personality nya adalah salah satu alasan mengapa para fans terus mendukung dan mencintai mereka lebih dari apapun.



6) Keyakizaka bisa membuat basis Fanbase baru : Wanita dan para remaja



Memiliki trademark sebagai Idol Grup yang strong, cool & rebellious , ga butuh banyak waktu bagi Keyakizaka untuk mendapatkan banyak fans diseluruh Jepang. Seperti jamur di musim hujan, banyak sekali fanbase Keyakizaka yang tersebar di forum internet. Sedangkan bagi 48 Group, mereka hanya berfokus pada lagu-lagu yang kawaii dan photo gravure sehingga dalam grafik fanbase mereka didominasi oleh pria dewasa, perbandingannya mungkin 75 (pria) : 25 (wanita) . Kelebihan yang dimiliki oleh Keyakizaka adalah mereka memiliki member yang sangat disukai oleh para wota wanita, seperti Shida Manaka dan Watanabe Risa (Mereka berdua jago nge-danso). Para fans remaja yang terjaring masuk kedalam fanbase Keyakizaka juga karena mereka tertarik pada single debut fenomenal Keyakizaka, " Silent Majority " .

Oh iye, perlu dicatat kalo tulisan diatas ane ga ngarang sama sekali, contoh konkritnya bisa kalian cermati di media sosial. Dalam study case ini ane gunain media Twitter. Sebagian besar fans Keyakizaka memiliki usia yang hampir sama dengan usia member, lahir dalam rentang tahun 1997-2000. Maka dari itu, para fans dari Keyakizaka akan memiliki sebuah ikatan atau bond yang sangat kuat dengan member karena dengan usia yang setara, pola pemikiran dan tingkah laku mereka juga tidak jauh berbeda sehingga akan menghindarkan Grup dari stagnasi atau kemacetan yang diderita oleh 48 Grup sekarang ini. Ya, selain dalam musik-musiknya, AKB48 saat ini juga sedang mengalami kemacetan kualitas member, contohnya dalam HS, untuk mendapatkan perhatian fans saja, mereka harus membajak member 48 Grup lain untuk ikut masuk kedalam single AKB. Kualitas member murni AKB sendiri ? ane bisa bilang masih 0 besar. Bagaimana dengan Keyakizaka ? Ya, mereka pure dengan member didikan sendiri meskipun penjualan tiket HS nya masih jauh dibawah 48 Grup dan older sister nya. Tapi ini baru langkah awal saja, kedepannya pasti penjualan tiket HS Keyakizaka semakin membeludak karena bergabungnya fandom-fandom baru yang akan bermunculan dimasa depan.



7) Mempromosikan bakat yang dimiliki member dan memiliki keberagaman genre musik yang melimpah




Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam lagu-lagu Keyakizaka memiliki cirikhas dengan lirik yang kelam dan memberontak, seperti Silent Majority, Otona wa Shinjite Kurenai dan Fukyouwaon. Akan tetapi, sang komposer dan produser lagu-lagu Keyakizaka seperti merasa ingin memberikan warna baru dalam style musik sehingga terciptalah diversity atau keanekaragaman genre grup ini, contohnya adalah Futari Saison. Dan bahkan diversity genre yang ada di Keyakizaka ternyata sudah diterapkan sejak awal debut mereka dalam B-side single Silent Majority, " Shibuyagawa " dan " Tuning " dalam single Fukyouawon yang dinyanyikan oleh duo Yuichanzu. Dengan komposisi lagu retro-pop-folk, 2 lagu ini seperti memberikan sebuah angin segar dalam gloomy nya single Keyakizaka. Imaizumi Yui dan Kobayashi Yui berhasil menyeimbangkan elemen dark dengan light song yang diberikan oleh mereka berdua. 

Sesuatu hal yang menarik perhatian ane adalah produksi lagu-lagu Idol grup yang sering dilakukan secara sepihak. Ya, di jaman sekarang ini, musik yang diproduksi untuk Idol Grup kebanyakan menggunakan Software dan Synthesizer. Tapi, ada sebagian Idol Grup yang merasa tidak adil mengenai hal itu dan kemudian "membangkang" dengan menciptakan tipe musik yang fresh seperti yang dilakukan oleh Babymetal dan Necronomidol. Dalam kasus Yuichanzu, dengan menggunakan gitar dan acapella, duo Yui ini berhasil menyihir para fans dan membuat mereka standing applause . Imaizumi Yui memang belum pernah merasakan berada diposisi center , tapi teknik olah vokalnya begitu luar biasa, sayang sekali jika bakat besar Yuipon terbuang sia-sia, manajemen menyadari hal ini sehingga langsung di buatlah Yuichanzu. Perlu diakui jika Keyakizaka pun mampu membuat lagu yang jauh diatas standar Idol grup seperti " Aozora wa Chigau " dan lagu solo Nagahama Neru, " Mata atte Kudasai " .



8) Promosi dan Dukungan Finansial yang tepat dari Manajemen Keyakizaka



Ya, hal ini memang harus dilakukan oleh manajemen pada client nya, tapi kebanyakan ga selalu diterapkan karena satu dan lain hal, contohnya adalah program Hello SKE. Keyakizaka diberikan kesempatan untuk memiliki 1 reguler TV show seperti Keyakitte Kakenai, lalu TV show bersekala Nasional (Keyabingo), kemudian ada Drama TV (Tokuyama Daigoro), berkesempatan untuk tampil di acara musik populer Jepang seperti Kohaku Utagassen (karena impact single Silent Majority), Variety Show (Nagahama Neru nongol di Quizz Show), siaran radio (Yurakuchou & ANN), tawaran kontrak sebagai model (Watanabe Risa), tawaran photoshoot bagi para member top ( Moriya Akane, Sugai Yuuka, SHida Manaka dan Hirate Yurina).

Kesuksesan sebuah grup dapat diperoleh dari titik temu antara banyaknya tool dan koneksi (media) dengan para membernya yang memiliki bakat atau potensi yang besar. Timming yang tepat juga merupakan salah satu faktor kesuksesan grup. Karena manajemen sangat ingin membuat Keyakizaka selalu update dan semakin didepan yang dampaknya membuat nama mereka gaakan dengan mudah dilupakan oleh para fansnya, mereka merilis setiap single Keyakizaka dengan sangat solid. NGT48 melakukan debutnya bersamaan dengan Keyakizaka, tapi mereka baru merilis 1 single saja sementara Keyakizaka sudah masuk single ke 4.

9) Style dan Identitas mereka yang bisa memanggil diri mereka sendiri



Nogizaka46 memiliki style yang cool dan elegant, HKT48 dengan loli dan kawaii, SKE48 dikenal memiliki cirikhas selalu bersemangat dan energik, NMB48 selalu tampil fun dan mempertahankan kultur budaya Jepang. Keyakizaka ? dalam musik, lirik dan dancenya mereka telah menemukan style dan cirikhasnya sendiri : raw dan wild. Totalitas dalam setiap penampilan mereka diatas panggung tidak hanya bisa mengeluarkan aura " professional performer " saja, tapi juga memberikan pesan pada kita semua kalau mereka ingin melesat lebih dahsyat didepan para rivalnya.

Ada pepatah yang mengatakan, " Orang-orang akan mengenalimu ketika ada sesuatu yang membuat mereka ingat padamu. " . Mungkin inilah mengapa banyak underground idol harus berjuang untuk masuk kedalam local market Jepang karena mereka tidak memiliki style yang membuat mereka terlihat unik dan berbeda. Ane gaakan bilang kalo Keyakizaka sedang melakukan sesuatu yang orisinil, tapi karena mereka membuat sebuah keseimbangan antara dance, musik dan lirik mereka yang menjadikan Keyakizaka sangat unik, dan tidak akan ada Idol Grup yang akan meniru mereka.

Ini adalah turning point Keyakizaka untuk memiliki identitas di mata para fans dengan cepat karena Keyakizaka melakukan debut bersamaan dengan bangkitnya momentum Nogizaka di pasar Industri Musik Jepang. Hal ini dilakukan agar hubungan "pertemanan" dengan Nogizaka tetap berjalan dengan baik dan kunci sukses Keyakizaka mengalahkan Nogizaka adalah dengan mengklaim style mereka sendiri.

10) Memiliki Potensi untuk terus membuat fans antusias



Manfaat yang bisa didapatkan oleh Keyakizaka dengan status mereka sebagai rookie saat ini adalah mereka memiliki banyak member yang fresh yang akan membawa perubahan baru dalam dunia Idol. Momentum mereka masih sangat tinggi dan Keyakizaka juga masih memiliki banyak goals yang harus diraih seperti venue konser yang besar, meningkatkan aktivitas outdoor bagi para member untuk belajar pada sempainya, misalnya Shiraishi Mai atau Nishino Nanase. Sekarang ini, pada kenyataanya adalah kontrak endorsement yang diberikan pada member-member AKB mulai berkurang, dulu waktu jamannya Acchan, hampir 15-20 member di endorse oleh produk, tapi sekarang hanya ada 2-3 member. Artinya, masayarakt sudah mulai kehilangan minat sama member Idol untuk mengendorse produknya. Tantangan bagi Keyakizaka dimasa depan sangatlah besar, lebih besar dari sebelumnya.

Keyakizaka memiliki potensi untuk mencapai level yang dulu pernah AKB lakukan di dunia entertainment Jepang. Tapi mereka perlu untuk menjaga performa mereka agar tetap berada di level yang tinggi dan mula mulai bekerja sama dengan production companies seperti Ogi pro, Ohta pro, Watanabe pro, dll untuk membuat setiap member bisa mengembangkan bakat mereka di berbagai bidang seni. Untuk menjadi sebagai National Idol, kalian harus melampaui Idol itu sendiri ; menjadi model, talento, aktris dan penyanyi.

Kesimpulan dari seluruh artikel ini, Keyakizaka tengah menemukan kunci kesuksesan dikala manajemen AKB mengalami kesulitan dalam memulai investasi lagi. Tapi terserah pada membernya sendiri sih apa mau tetap bertahan atau mengubah peluang kerja mereka yang sebelumnya hanya angan-angan saja menjadi sebuah kenyataan (graduate). Seperti dalam proyek pada umumnya, perlu waktu untuk bisa mendapatkan laba dari investasinya.

Apa hal yang menarik untuk bisa di tunjukan pada kalian semua adalah meskipun Keyakizaka adalah rookie group, yang membernya sebagian besar anak gadis yang berusia 17 tahun dan lebih memilih untuk melanjutkan jalan mereka sebagai seorang idol (di AKB, para gadis muda yang bergabung "pasti" tidak akan mempunyai karir yang bagus, jadi setelah lulus SMA mereka akan graduate karena tidak akan ada hasil yang mereka dapatkan di AKB). Ini hal yang sangat melegakan bagi para fans yang ingin melihat Keyakizaka bisa melampaui older sister nya.

 

2 comments:

  1. iya sih akb48 terlalu berharap dengan sisternya, jadi member aslinya kurang menonjol.
    sekarang coba liat singel Negaigoto no Mochigusare 35 member senbatsu hampir setengahnya member diluar akb centernya juga.

    ReplyDelete
  2. Pengen deh liat tecchi dkk ikut senbatsu sousenkyo... jgn2 si tecchi ngalahin si sashi.. hehe..

    ReplyDelete