Saturday 6 May 2017

5 hal yang harus diperhatikan bagi newbie yang ingin mengikuti Handshake Event di Jepang



Ane yakin pasti semua fans dari Idol Grup Jepang yang ada di seluruh dunia tu pengen banget ngalamin kek mana sih rasanya handshake sama Oshimen, tatap muka langsung ame Oshi tanpa terhalang monitor n' kuota Internet, bisa ngbrol-ngbrol juga meskipun cuman beberapa detik doang, pasti asyik banget kan ? iye ga ? jawab lu diem mulu ! *sorry inet lagi lemot jdi marah-marah mulu :v . Handshake Event atau Akushu-kai (握手会) adalah sebuah event yang cukup rutin digelar oleh Idol Grup agar bisa bertatap muka dengan para fansnya, mereka akan disediakan waktu untuk berjabat tangan, ngobrol, masak, parkur, ngisi vocer pulsa *abaikan sehingga baik fans maupun member akan merasakan feedback nya. Nah, bagi 48 Group sendiri, Handshake Event biasanya suka dihelat setiap single baru mereka rilis, tapi beberapa tahun belakangan ini, Akushu-kai menjadi tradisi bagi 48 Group di setiap tahunnya.

Bagi kalian yang baru pertama kali pergi ke acara Handshake pasti akan merasakan high tension syndrom , seperti jantung berdebar-debar, keringet dingin, menggigil, jalan sempoyongan, pandangan buram, kasbon hutang nambah, gigi menguning, dll. . Jadi ga aneh lah kalo kalian ngerasa tegang atau kalo bahasa Prancisnya tu " geumpeur " , kek lagi sidang TA didepan dosen penguji pas mau ketemu ame oshimen lu. Nah jangan khawatir bre ! ane dimari bakalan ngebahas 5 hal yang harus diperhatikan oleh para newbie yang akan pertama kali HS di Jepang, ane yakin  kalo ente perhatiin wejangan dari mpu sendok ini, pasti upacara HS bakalan berjalan lancar n' mulus kek kulit Paruru ! kalo kaga lancar ? berarti ente harus namatin Harvest Moon ps1 dulu *wkwkwk 

Yaudah gaperlu lama-lama lagi dah, douzo !

▼ Sebelum berangkat ke acara Handshake AKB untuk yang pertama kalinya, ada beberapa peraturan yang harus kalian cermati !




Ketika ente udah siap-siap di apartemen untuk pergi HS AKB yang pertama kalinya, ucapkan " Ane pengen pas HS nanti Sukses gaada hambatan ! " dalam hati kalian, kenapa ? karena inilah momen krusial dalam sejarah ngidol kalian *njir laga-lagaan lu tong pake acara krusial segala :v , perhatikan juga rules saat HS nanti, kita harus bisa menjaga " the unspoken bones " (kalo kaga ngarti gugel trenslet aje ye) antara member dan fans yang sudah terjalin lama banget (lupakan insiden Iwate).



Tindakan yang dilarang ketika melakukan Handshake Event ( Note : 48 Group Jepang ) :

  • Ketika sedang melakukan jabat tangan, selain mengobrol, tidak boleh menyentuh anggota tubuh lainnya, memberikan gift / hadiah, surat dll.
  • Berbicara Fitnah, Mencemarkan nama baik, Melakukan Intimidasi, Melakukan tindakan yang bertentangan dengan akal sehat (cnth : mengeluarkan senjata lalu membacok member), Melakukan pelecehan atau asusila terhadap member.
  • Tiket yang digunakan untuk HS berasal dari pertukaran antar fans, bukan atas nama sendiri.
  • Tiket yang akan digunakan untuk HS dijual kembali dan di copy.
  • Tiket dan Identitas fans yang palsu.
  • Menyerobot antrian di line post tempat HS
  • Memakai topeng, helm, atau sesuatu yang membuat seluruh wajah tidak terlihat.
  • Mengganti Member yang akan diajak HS dan menuntut uang kembali karena membatalkan HS
  • Meminta tanda tangan, foto dan tindakan yang berlebihan.
  • Mengeluarkan suara sangat keras yang akan mengganggu acara HS (karena alat musik atau teriak-teriak ga jelas)
  • Setelah selesai melakukan HS, kembali masuk antrian line tanpa memiliki tiket.
  • Membawa makanan, minuman, hewan, dan benda-benda berbahaya ke dalam area handshake.

① Bersiaplah untuk menunggu lama karena antriannya sangat panjang ! Sediakan game untuk mengurangi rasa bosan atau pergi ke toilet dulu sebelum HS.



Untuk bisa face-to-face dengan member ternyata membutuhkan waktu yang "sangat" lama~

Ente pade pasti bakalan terkejut waktu pertama kali ngeliat line antrian HS AKB yang puuuaannjaanngg banget, beda drastis lah pas waktu kalian HS sama JKT, kalo di kira-kira mungkin panjangnya dari Anyer sampe Panarukan *set dah lu kira Daendles -_- . Dibutuhkan waktu yang lama banget sebelum akhirnya kita bisa salaman ame Oshimen, jadi ente tau sendiri lah perjuanagnnye gimana, berdiri desek-desekan di antrian, kaki pegel, mulut kering, mata kunang-kunang, air liur ngeces, kesurupan, dll.




Jadi untuk mempersiapkan keadaan yang ngebetein n' ngebosenin kek gini, langkah yang tepat adalah membawa game yang pocket-handler kek PSP, GBA ( jadul banget ye -_- ), Tamagochi atau yang lebih simple : smartphone . Waktu pasti akan terasa cepet dah kalo udah maenin smartphone, iye kan ? apa-apa smartphone, mau makan maenin hp, lagi belajar maenin hp, lagi nongkrong hp ga lepas dari tangan, ke toilet aje bawa hp mana volumenye keras lagi *wkwk . Intinya, smartphone bisa menjadi killing time saat nunggu antrian HS. Selain itu, pergi ke tempat HS dengan temen atau sahabat kalian juga cara ampuh untuk membuang rasa bosen, jadi ada temen ngobrol gitu.

Oh iye, sempetin juga untuk pergi ke toilet ye, usahain lu peepee & poopoo dulu sebelum pergi HS karena bakalan ribet banget kalo ente udah ngantri di lokasi HS. Udah panjang line nya terus kebelet pengen ngompol atau lebih parah mau boker, ditahan ntar jadi batu, mau pergi dulu ke toilet males ninggalin antrian, ya itu ma terserah aje sih, asal jangan cepirit aje.



Translate : Set dah lama bener mau HS juga, ngantuk gue !

Translate : Setiap HS pasti harus lama banget nunggunye !


② Akhirnya udah nyampe ke booth member ni, tapi mau ngomong apa ya ?! Gue bingung !!



Tantangan terbesar : " Ngobrol sama Member ! "

Kebanyakan para fans yang baru pertama kali ikut HS AKB pasti bakalan ngerasain awkward gitu pas masuk ke booth. Perasaan seneng, bahagia, gugup, panik, takut, ga percaya, campur aduk didalem diri ente, setelah sadar kalo ente kaga lagi ngimpi, terus bingung mau ngomong apaan dan akhirnye ngecapruk aje gitu. Mungkin mindset yang mereka bawa pas mau ikut HS cuman mau ketemu Oshimennye aje, jadi waktu lagi salaman yaudah cuman salaman aje sambil ngeliatin doi terus mikir " set dah lucu banget ! " terus ngomong seperlunye kek " a.... apa k.. ka... kab.. kabar ? ". Ya, rata-rata para fans yang newbie ikut HS langsung instanly killed karena aura ke-cute-an member ! Mereka seperti terkena genjutsu mugen tsuyukomi , terpatung berdiam diri, panik dan kewalahan gara-gara masuk ke dalam dimensi dunia lain yang ga pernah kalian selami sehingga untuk mengeluarkan sepatah-dua patah kata pun rasanye suli bangett.



Untuk mencegah hal-hal clumsy seperti itu, solasi nye adalah *solusi bang | oh udah ganti ye ? | dari dulu kali -_- sebelum pergi ke tempat HS, ente harus mikirin dulu apa aja yang bakalan diomongin pas ketemu ame member. Meski kedengerannye simple, tapi past tense *woi serius lu ! tapi ini sangat berguna ketika ente stuck pas ngobrol ame member, cukup sediain topik obrolan yang ada kaitannye ame member yang lu ikutin HS, contohnye kek ane ame Ju, " eetoo, peranmu sebagai centa di majijo 2 dulu keren banget, gimana hubungan pertemananmu dengan Mayu ? mau dinner ame ane malem ini ? " *digebugin staff

Dengan mengobrol hal-hal yang mengenai si member, kalian mungkin akan mendapatkan perhatian dari member karena itu akan membuat si member merasa senang karena diperhatikan oleh kalian. Oh iye, kalian juga harus rileks dan tenang saat bertemu dengan member, anggep aje mereka tu temen atau sahabat lama kalian yang udah lama ga ketemu.

Ada yang harus dicermati juga mengenai batasan waktu HS, jika ;

HS biasa ( Ketika Rilis Single / Album ) : 1 tiket = 10 detik (Bisa lebih dari 1 tiket kalo belum puas)
HS bersekala Nasional ( Zenkoku Akushu ) : 7 detik

Jadi, tolong pilih topik diskusi yang membuat member bahagia dan senang lalu jangan lupa perhatikan durasi waktunye. 


③ Coba ngaca dulu sebelum pergi HS, apa diri ente udah rapi ? Tampilan harus cool kek mau ngedate ?!




Pergi HS sama kek mau pergi ngedate, harus rapi n' keren !

" Yosha ! akhirnye ane bakalan ngedate perdana ame pacar ! " meskipun ente ngomong kek gitu tapi pas pergi ngedate pake baju kucel, celana jeans belel, rambut acak-acakan, badan bau kabel angus, ya mana bisa ngasih kesan awal yang bagus bagi pacar ente ?. Hal ini juga sama dengan pas Handshake Event, Oshimen ente pasti " iyyuuuhh " banget kalo ngeliat potongan ente kek roti buaya yang jatoh ke comberan. 

Minimal ente bersih dulu dah, mandi dan sikat gigi biar ga bau selangkangan kadal. Kalo kalian bingung mau pake baju apa, pilih yang kasual aje dan bisa membuat diri ente percaya diri. Pake baju cosplay ? kaga masalah ! Pake aje bree yang penting pake baju, kaga bugil ! asal jangan ngecosplay sumo aje :'( . Kalo masih bingung, beli baju yang nunjukin dukungan lu ke Oshimen, ada banyak kan ?



Jika ente melakukan perawatan atau berdandan rapi, bersih dan wangi ketika mengikuti HS (apalagi untuk yang pertama kali ikut HS), ente pasti akan dihargai oleh para member karena meskipun mereka Idol, tetep aja mereka tu memiliki kodrat sebagai seorang wanita yang menyukai hal-hal bersih dan baik.

Persiapan yang harus diperhatikan sebelum pergi HS ;

Source : Orang jepang asli (namanye gamau dicantumin)
  1. Meskipun ini cuman acara Handshake, akan sangat memalukan jika kalian terlihat " kotor " , Lihat telapak tanganmu apa sudah bersih ?
  2. Orang-orang pasti akan memperhatikan ente, apa kuku klen udah dipotong ?
  3. HS akan terlihat sia-sia jika rambut ente acak-acakan, sisir rambut ente dengan rapi !
  4. Pria sejati pasti punya jenggot dan kumis, jangan lupa dirapihkan !
  5. Lihat hidung ente, apa ada bulu idung yang keluar ? kalo ada cabut !
  6. Setelah menyikat gigi, kumur-kumur pake kuah baso *eh salah pake Listerine atau penyemprot mulut biar seger gitu !
  7. Perhatikan cuacanya, lagi musim hujan atau musim panas ? sesuaikan deodorant dan parfum sesuai musimnya, tapi inget jang menggunakan terlalu banyak entar puyeng sendiri !
  8. Apa kalian memakai aksesoris ditangan ? karena dikhawatirkan akan disita oleh staff ( kecuali cincin pernikahan )
  9. Secara natural kita sebagai pria pasti akan menggengam erat tangan wanita yang di idolakannya, tapi inget jangan lakuin itu ! lakukan dengan lembut ketika bersalaman dengan member.





Translate : Besok acara HS ni, ane harus cukuran rambut dulu


Translate : Karena pergi HS untuk menemui orang yang ane cintai, ane bakalan lakuin perawatan n' dandan dulu.


④ Menikmati mini-live Show dengan meneriakan chant / MIX



Dalam setiap HS Event selalu ada mini-concert loh !

Kalo ente dateng ke Handshake Event AKB, sebelum acara HS dimulai ente bakalan disuguhin mini-live concert dari para member. Ini adalah salah satu benefit jika dateng ke acara HS, jadi selain bisa handshake, kalian juga bisa nonton langsung show member, seru banget kan !?

Tentu saja MIX dari fans pasti selalu diteriakan di setiap lagu yang dinyanyikan, bagi fans yang udah " sepuh " pasti langsung conncect dan neriakin MIX tersebut saat lagu dinyanyikan, lah kalo buat yang kaga tau terus cuman ikut HS karena pengen ketemu member tanpa ada pengalaman nonton grup di teater bisa apa ? lipsync ngechants ? duh gaasik banget :'( Orang lain asik ngechants ente sendiri cuman diem, mangap-mangap ga jelas, dikucilkan, beasiswa dicabut, dapet SP, di PHK, mati~ :'((

Nah, next time biar ga kuper-kuper amat, kalo ada waktu senggang apalin chants-chants wotagei.




Aduh kampret dah ! ID Card dan tiket HS lupa dibawa !



Sebuah fenomena yang unik, entah kenapa hingga detik ini selalu saja ada yang lupa untuk membawa tiket HS, terutama bagi fans yang baru saja ikut HS. Mereka mungkin sangat gugup sehingga membuat Tiket yang merupakan elemen penting ketika pergi HS malah terlupakan. Jadi, tolong cek and recheck lagi barang bawaan sebelum ente pergi. Oh iye ID card (KTP/SIM) juga jangan lupa dibawa !

▼ Ikut Handshake Event tu asyik banget loh ! Patuhin semua aturannya dan enjoy the show !



Well, ane udah jabarin semua hal yang harus diperhatiin bagi ente yang pertama kali ikut HS di Jepang, ya mungkin ini adalah sebuah panduan "amatir" dari ane, bukan bermaksud untuk menggurui tapi hanya ingin berbagi ilmu saja dengan kalian semua. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi para fans Indo yang mau HS ke Jepang.

No comments:

Post a Comment