Tuesday 8 November 2016

Tribute to Shimazaki Haruka : Kerja Keras dan Kegigihan dibalik Topeng Ketidakprofessionalan Idol




Shimazaki terlihat sangat cute ketika pertama kali join AKB48






Tahun 2009 lalu, saat Shimazaki Haruka pertama kali bergabung AKB48 sebagai member kenkyuusei, dia dengan cepat menjadi idola baru para fans AKB karena wajahnya yang sangat cute. Tapi, pada saat itu juga, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa Shimazaki tidaklah lucu sama sekali. Pro dan Kontra dari Shimazaki ini menjadi topik pembicaraan yang hangat dibicarakan dalam forum internet, dan oleh karena itu, dalam Sousenkyo edisi kedua AKB, dia berhasil meraih peringkat ke #28, menjadi bagian dari Undergirls (nb. rank Shimazaki ini adalah rekor raihan posisi tertinggi bagi Kenkyuusei di Sousenkyo, sampai saat ini )



Selama 2 tahun dia menyimpan "Bom Waktu", Akhirnya meledak juga







Meskipun sejak awal bergabung dengan AKB Shimazaki telah mendapatkan banyak perhatian dari para fans, akan tetapi, dia baru bisa mengeluarkan "trademarknya" setelah formasi Team 4 dibentuk pada tahun 2011. Pertama kalinya para fans mengetahui bahwa Shimazaki adalah seseorang yang my pace dan straight-talking adalah ketika sesi tanya-jawab dengan para fans di teater, saat ditanya perasaannya ketika dapat tampil di sebuah konser sebagai member pengganti untuk senpai nya, dia menjawab ;

" Aku bahkan tidak merasa seperti full member , hanya merasa menjadi seseorang yang dibutuhkan ketika grup membutuhkan pengganti saja "




Secara perlahan, dia membuat sikapnya yang dingin itu menjadi Trademark







Tidak sampai tahun 2012, Shimazaki menjelma menjadi the next big thing di AKB48 karena kepribadiannya yang unik dan juga berbeda dengan member lainnya itu sudah dikenal oleh para fans AKB di seluruh dunia. Ekspresi wajah Shimazaki yang sangat terkenal adalah " the Confused Face " . Ya, ekspresi mukanya itu membuatnya populer diseluruh belahan dunia.





Ketika dalam Handshake Event, sikap "acuh tak acuh" nya itu menjadi shocking magnet bagi para fans untuk ingin mencoba berjabat tangan dengan Shimazaki, dan dampaknya adalah line antrian Shimazaki mendadak panjang dan ramai.

Saat tampil di TV, Shimazaki tidak berbicara banyak, dia hanya akan diam. Dan ketika ada seseorang yang lebih tua darinya mengajaknya berbicara, Shimazaki hanya akan mengeluarkan 2-3 kata untuk merespon mereka. Mungkin, jika orang tua itu adalah kalian, kalian akan tidak terima dan get mad sama Shimazaki, tapi, faktanya adalah orang-orang seperti memaafkan Shimazaki atas sikap "dingin" nya itu, ini adalah sebuah fenomena yang sangat aneh.



Faktor yang membuat Shimazaki semakin dikenal semua orang : " Eien Pressure "






Dalam event Janken Taikai yang diselenggarakan tahun 2012 lalu, Shimazaki Haruka berhasil mematahkan semua ekspetasi dari para fans dengan memenangkan Turnament ini dan berhak menjadi center dalam single AKB48 selanjutnya. Lirik dari lagu yang dibuat secara special oleh Akimoto Yasushi untuk Shimazaki yang pertama kalinya meraih posisi center, " 永遠プレッシャー / Eien Pressure / Eternal Pressure " ini menggambarkan kepribadian dari Shimazaki sendiri, seperti dalam line awal dari lagu ;

" watashi ni kitai shinaide, risou no kanojo ni nante kitto narenai, ~ / Jangan menaruh harapan apapun padaku, aku pasti tidak akan bisa menjadi gadis impian bagimu, ~"

Ya, petikan lirik ini secara tidak langsung berhubungan dengan kepribadian Shimazaki, dan melaluilagu inilah dia berhasil memikat semua orang dan akan menjadi signature song dari Shimazaki, selamanya.


Biasanya dia selalu "dingin", tapi kadang bisa terlihat "hangat" juga.







Meskipun semua orang tahu bahwa Shimazaki mempunyai attitude yang cool, masa bodoh dan acuh, ternyata dia selalu membuat orang-orang terkejut dengan tindakannya yang tidak terduga, contoh, meskipun dia tidak terlalu suka berbicara banyak dihadapan media, pada akun official "755" nya dia selalu membalas pesan-pesan yang diberikan oleh para fans (dengan balasan yang diberikan oleh Shimazaki cukup panjang). Dan saat speech nya di Sousenkyo 2016 lalu, dia berkata,

" Terimakasih pada semua fans yang mendukung ' idol yang tidak seperti idol ' (dalam artian Shimazaki menyindir dirinya sendiri) " 

Dari hal kecil yang seperti ini, kalian bisa melihat bahwa meski hatinya beku sedingin salju dipuncak Himalaya, tapi sebenarnya, dia hanya tidak bagus dalam mengekspresikan dirinya.


Berada dalam trek untuk berkarir didunia Akting









Seiring berjalannya waktu, namanya sudah berkibar di dunia entertain Jepang. Shimazaki telah menunjukan kemampuan aktingnya, tidak hanya dalam serial TV yang diproduksi AKB, tapi juga dalam ruang lingkup yang lebih besar lagi. Shimazaki tampil dalam acara TV series "ゆとりですがなにか Yutori Desu ga Nani ka We’re Millennials. Got a Problem?" (sebagai Yutori Sakama) dan "警視庁 ナシゴレン課 Keishichou Nasi Goreng ka / Metropolitan Police Department Nasi Goreng Department (sebagai Kyoko Kazahaya) serta dalam Film "ホーンテッド・キャンパス / Hontido Kyanpasu / Haunted Campus" (sebagai Koyomi Nada). Penampilannya yang sangat bagus dalam acara TV dan Fim yang dibintanginya dijadikan sebuah acuan untuk terus melanjutkan perkembangan karirnya sebagai seorang aktris.



Mulai menyusuri impiannya setelah dia Graduate dari AKB48





3 Oktober 2016 lalu, dalam konferensi pers acara kerja paruh waktu, " Baitoru " , yang juga di endorse oleh Shimazaki, dia mengumumkan pada publik bahwa akan graduate dari AKB48. Akan seperti apa jika seorang idol unik yang selalu bisa "membuat acara TV biasa menjadi 'tidak biasa' " ini berada dalam jalur karir akting dan dapat meraih kesuksesan ? Kita akan lihat nanti.




No comments:

Post a Comment